Doa Keluar Rumah Dan Masuk Rumah Dan Sunnahnya

Posted on

Doa keluar rumah ini sangat dianjurkan dan disunnahkan oleh nabi Sallallahuah alaihi wa sallam.

Sunnah ketika akan keluar rumah

Lakukanlah sholat dua rakaat sebelum keluar rumah

Dengan melakukan sholat sunnah dua rakaat termasuk perbuatan yang dapat membuat Anda terhindar dari kecemasan, kesulitan dan bencana.

Hal ini berdasarkan kata-kata nabi:

“Jika kamu keluar dari rumah kamu dan melakukan sholat dua rakaat, maka akan melindungi kamu dari keburukan dan masalah di luar. Jika kamu memasuki rumahmu, lakukalah sholat dua rakaat, maka kamu akan terlindungi dari keburukan dan masalah di dalam.” HR. Al-Bazzar dalam sunannya

Doa Keluar Rumah

Doa Keluar Rumah Arab

بِسْمِ اللَّهِ ، تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ ، وَلا حَوْلَ وَلا قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّه

Doa Keluar Rumah Latin

“Bismilaahi tawakkaltu ‘alallahi wa laa hawla wa laa quwwata illaa billaahi”

Arti doa keluar rumah:

Dengan menyebut nama Allah, aku menyerahkan diriku pada Allah dan tidak ada daya dan kekuatan selain dengan Allah saja

Keluar rumah dengan kaki kanan terlebih dahulu

Setelah selesai membaca doa keluar rumah sesuai sunnah rossul dianjurkan dengan mendahulukan kaki kanan terlebih dahulu. Karena kaki kanan untuk melakukan segala urusan yang baik termasuk petunjuk Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Seterusnya Apabila Hendak Masuk Rumah

Adab masuk ke rumah

1. Dianjurkan mengetuk pintu terlebih dahulu dengan tidak terlalu keras

Dianjurkan bagi seorang muslim jika akan memasuki rumahnya agar mengetuk pintu dengan tidak terlalu keras, atau memencet bel pintu dengan tenang jika memang ada bel.

Tidak dianjurkan mengetuk pintu dengan keras atau mengetuk pintu rumah sambil memencet bel terus-menerus. Karena hal ini dapat mengganggu penghuni rumah.

2. Mengucapkan salam

Dianjurkan mengucapkan salam ketika mau masuk rumah. Dengan mengucapkan salam akan membuat penghuni rumah yang ada di dalam rumah tahu kalau ada orang yang ada di luar.

Selain mengucapkan salam bisa juga memberi isyarat dengan berdehem atau membuat suara dengan sandal atau sepatunya.

Imam Ahmad berkata, “Jika seorang laki-laki ingin masuk ke rumahnya, maka dianjurkan baginya berdehem atau mengentakkan sandalnya atau alas kakinya.”

Dengan mengucapkan salam tujuannya untuk saling mendoakan dan menyebarkan kasih sayang di dalam rumah, menambah keakraban antara seseorang dengan keluarganya serta mendapatkan keberkahan dan jaminan Allah.

Doa Masuk Rumah

Doa masuk rumah dalam bahasa arab

اَللّٰهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ خَيْرَالْمَوْلِجِ وَخَيْرَالْمَخْرَجِ بِسْمِ اللهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا

Doa masuk rumah latin

“Allahumma innii as-aluka khoirol mauliji wa khoirol makhroji bismillaahi wa lajnaa wa bismillaahi khorojnaa wa’alallohi robbina tawakkalnaa”

Terjemahan arti doa masuk rumah

“Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu baiknya tempat masuk dan baiknya tempat keluar dengan menyebut nama Allah kami masuk, dan dengan menyebut nama Allah kami keluar dan kepada Allah Tuhan kami, kami bertawakkal”

Masuk dengan mendahulukan kaki kanan

Setelah selesai berdoa Anda bisa masuk rumah dan dianjurkan dengan mendahulukan kaki kanan dalam segala urusan adalah termasuk petunjuk Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam

Baca Juga: Doa Sesudah Wudhu

Akhir Kata

Demikian ulasan tentang doa masuk rumah dan doa keluar rumah yang boleh kita amalkan agar setiap pejalanan kita sentiasa selamat dan sentiasa berada dalam lindungan ALLAH SWT

Wallahualam…

Semoga bermafaat…

Rujukan

kuliyyatul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *