Doa Masuk Kamar Mandi Dan Doa Keluar Kamar Mandi

Posted on

Bismillah, Mengapa harus membaca doa masuk kamar mandi sebelum masuk ke kamar mandi dan membaca doa keluar kamar mandi setelah selesai?

Anda harus senantiasa membaca doa sebelum memasuki kamar mandi karena seperti yang Anda pahami bahwa setan akan selalu mengikuti manusia kemana saja manusia pergi.

Apalagi memasuki di tempat yang tidak suci seperti kamar mandi, jamban atau WC.

Dengan membaca doa maka setan dan jin kafir akan menjauh dan tidak mengganggu Anda pada saat kita melakukan aktiviti di kamar mandi.

Berikut ini adalah lafadz bacaan doa masuk Kamar mandi dan Doa keluar kamar mandi lengkap beserta latin dan terjemahnya.

Bacaan Doa Masuk Kamar Mandi

اَللّٰهُمَّ اِنِّيْ اَعُوْذُبِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَآئِثِ

Alloohumma Innii a’uudzubika minal khubutsi wal khobaaitsi

Artinya:

“Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari syaitan besar laki-laki dan perempuan”

Doa Masuk Kamar Mandi diatas dibaca ketika akan masuk ke tandas atau kamar mandi dengan mendahulukan kaki kiri, doa tersebut dibaca agar kita terhindar dari godaan syaitan laki-laki maupun perempuan, pada saat kita berada di dalam sedang membuang hajat. pada saat ingin keluar dari tandas atau Kamar mandi kita juga dianjurkan berdoa, berikut ini adalah bacaan Doanya.

Baca Juga: 6 Kebaikan Mandi Sebelum Subuh Yang Luar Biasa

Bacaan Doa Keluar Kamar Mandi

Bacaan Doa Keluar Kamar Mandi

غُفْرَانَكَ الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَذْهَبَ عَنِّى اْلاَذَى وَعَافَانِىْ

Ghufraanaka. Alhamdulillaahil ladzii adzhaba ‘annil adzaa wa’aafaanii.

Artinya:

“Dengan mengharap ampunanMu, segala puji milik Allah yang telah menghilangkan kotoran dari badanku dan yang telah menyejahterakan.”

Doa Keluar Kamar Mandi diatas dibaca ketika akan keluar dari Wc atau kamar mandi dengan mendahulukan kaki kanan. sebagai rasa bersyukur kepada Alloh Swt atas nikmat yang kita peroleh, yang telah menghilangkan kotoran yang ada pada tubuh kita, dan supaya terbebas dari kotoran atau sumber penyakit yang ada di dalam Toilet.

Berikut ini adalah Hadist tentang Anjuran berdoa ketika masuk dan keluar dari tandas atau kamar mandi

Hadist anjuran berdoa saat masuk ke Wc atau kamar mandi.

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ : أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ , كَانَ إذَا دَخَلَ الْخَلَاءَ قَالَ : اَللّٰهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ

Artinya:

“Anas bin Malik Ra. Menuturkan “jika Rosulullah Saw hendak masuk WC, beliau berdo’a, “Allahumma inni a’udzu bika minal khubutsi wal khabaits” ( ya Allah, aku berlindung kepadamu dari setan laki- dan setan perempuan”.(HR. Bukhari)

Hadist anjuran berdoa pada saat keluar dari tandas atau kamar mandi.

أَنَّ النَّبِىَّ -صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- كَانَ إِذَا خَرَجَ مِنَ الْغَائِطِ قَالَ : غُفْرَانَكَ
Artinya:

“Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau berkata, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa setelah beliau keluar kamar mandi beliau ucapkan “ghufronaka” (Ya Allah, aku memohon ampun pada-Mu).”

Wallahualam…

Semoga bermanfaat…

Penutup kata

Itulah Doa Masuk Kamar Mandi Dan Keluar Kamar Mandi, doa ini alangkah baiknya di hafalkan. Dengan mengamalkan doa ini semoga ALLAH SWT sentiasa melindungi kita daripada kejahatan jin dan syaitan yang tidak dapat kita lihat.. Aamiin

Rujukan

doaharianislami http://www.doaharianislami.com/2017/04/bacaan-doa-masuk-wc-dan-keluar-dari-wc.html

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *