Doa Setelah Adzan – Mengharap Syafaat Nabi SAW Pada Hari Kiamat

Posted on

Doa Setelah Adzan dibaca selepas muadzin selesai mengumandangkan adzan, maka ada doa selepas adzan sebagai bagian dari sunnah.

Berikut adalah lafadz arab dari doa tersebut.

للهُمَّ رَبَّ هذِهِ الدَّعْوَةِ التَّآمَّةِ، وَالصَّلاَةِ الْقَآئِمَةِ، آتِ مُحَمَّدَانِ الْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ وَالشَّرَفَ وَالدَّرَجَةَ الْعَالِيَةَ الرَّفِيْعَةَ وَابْعَثْهُ

مَقَامًامَحْمُوْدَانِ الَّذِىْ وَعَدْتَهُ اِنَّكَ لاَتُخْلِفُ الْمِيْعَادَ

Bila dilatinkan bacaan setelah adzan tersebut adalah sebagai berikut.

“Allaahumma robba haadzihid da’watit taammah, washsholaatil qoo-imah, aati muhammadanil washiilata wal fadhiilah, wasysyarofa, wad darajatal, ‘aaliyatar rofii’ah, wab’atshu maqoomam mahmuudanil ladzii wa’adtah, innaka laa tukhliful mii’aadz.”

Kemudian terjemahan dalam bahasa Indonesia adalah sebagai berikut.

“Ya Allah, Tuhan pemilik panggilan yang sempurna (adzan) ini dan shalat (wajib) yang didirikan. Berilah al-wasilah (derajat di surga), dan al-fadhilah (keutamaan) kepada nabi Muhammad. Dan bangkitkanlah beliau sehingga bisa menempati kedudukan terpuji yang Engkau janjikan.”

Bacaan tersebut diambil dari sunnah Nabi yang tercantum dalam hadist riwayat Bukhari, Abu dawud, Tarmidzi, Nasa’i dan Ibnu Majah.

Baca juga: Zikir dan Doa Setelah Solat Sesuai Sunnah Rasulullah SAW

Keutamaan Doa Setelah Adzan

Makna dari doa setelah melafadzkan adzan beserta amalannya yaitu bisa mengabulkan keinginan, menghapuskan dosa dan mendapatkan syafaat.

Salah satu keutamaan doa setelah adzan diriwayatkan oleh Jabir bin Abdullah Ra, Rasulullah bersabda:

“Barang siapa ketika mendengar adzan lalu mengucapkan (doa selepas adzan), maka masuklah syafaatku baginya di hari kiamat.” (HR. Bukhari).

Dengan membaca doa ini, kita akan mendapat syafaat dari baginda Nabi Muhammad SAW di hari kiamat kelak.

Syafaat dari Rasulullah sangat luar biasa diantaranya syafaat dari beliau bisa meninggikan derajat seseorang mukmin dan syafaat beliau mampu menuntun seorang hamba masuk ke surga tanpa proses hisab.

Selain itu, syafaat membaca doa tersebut, yaitu mati dalam keadaan husnul khatimah.

Seorang yang mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad sudah pasti seorang hamba yang dikaruniai keimanan saat meninggal kelak di akhirat.

Keutamaan lainnya berkaitan dengan waktu setelah adzan adalah waktu mustajab untuk permohonan doa. Oleh karena itu, ketika adzan kita diperintahkan untuk mendengarkan, kemudian menjawab adzan dan memanjatkan doa setelahnya.

Wallahualam…

Kesimpulan

Jawablah azan dan jangan lupa berdoa tiap kali selesai azan, Semoga kita mendapat syafaat Rasulullah SAW dihari kiamat Kelak

Semoga bermanfaat…

Rujukan

qazwa https://qazwa.id/blog/doa-setelah-adzan/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *