Inilah Doa yang menjadi rebutan para malaikat

Inilah Doa yang menjadi rebutan para malaikat

Doa yang menjadi rebutan para malaikat, Dalam shalat, waktu  yang mustajab untuk berdoa adalah ketika rukuk dan sujud sebagaimana dikatakan Rasulullah dalam sebuah riwayat.

Karena itu, benarkah hadis yang mengatakan bahwa malaikat berebut mencatat amal orang yang membaca doa i’tidal saat shalat?

Hadist Tentang Doa Ini

Hadis tersebut ditemukan dalam riwayat Imam Bukhari dalam Shahih-nya. Dengan redaksi sebagaimana berikut

عَنْ رِفَاعَةَ بْنِ رَافِعٍ الزُّرَقِىِّ قَالَ كُنَّا يَوْمًا نُصَلِّي وَرَاءَ النَّبِي صلى الله عليه وسلم ، فَلَمَّ رَفَعَ رَأْسَهُ مِنَ الرَّكْعَةِ قَالَ : سَمِعَ اللَّهُ لِمَنْ حَمِدَهُ . قَالَ رَجُلٌ وَرَاءَهُ : رَبَّنَا وَلَكَ الْحَمْدُ ، حَمْدًا كَثِيرًا طَيِّبًا مُبَارَكًا فِيهِ . فَلَمَّا انْصَرَفَ قَالَ : مَنِ الْمُتَكَلِّمُ ؟ قَالَ : أَنَا . قَالَ : رَأَيْتُ بِضْعَةً وَثَلاَثِينَ مَلَكًايَبْتَدِرُونَهَا ، أَيُّهُمْ يَكْتُبُهَا أَوَّلُُ

Rifa’ah bin Rafi’ berkata, ‘Kami pernah shalat bersama Rasulullah, saat bangun dari ruku’ ia membaca, ‘Sami’allahu liman hamidah.” Tiba-tiba ada seorang sahabat yang membaca, ‘Rabbana wa lalakal hamd hamdan katsiran tayyiban mubarakan fihi (wahai Rabb kami, bagi-Mu segala puji, aku memuji-Mu dengan pujian yang banyak, yang baik dan penuh dengan berkah). Setelah selesai shalat, Rasul bertanya, ‘Siapa yang mengucapkan kalimat itu?’ Sahabat itu berkata, ‘Saya Rasulullah.’ Kemudian Rasulullah berkata, ‘Saya melihat sekitar tiga puluhan malaikat berloma-lomba untuk siapa pertama kali yang mencatat (pahalanya),’” (HR Al-Bukhari)

Ibnu Hajar dalam Fath al-Bari menjelaskan bahwa hadis ini menunjukkan terkadang bersuara keras bagi makmum diperbolehkan alias tidak makruh, salah satunya ketika bangun dari rukuk untuk i’tidal, di mana umat muslim disunahkan mengeraskan bacaan sami’allahu liman hamidah kemudian dilanjutkan dengan bacaan i’tidal. Bahkan karena keutamaan bacaan tersebut malaikat berebut untuk mencatatnya.

Karenaya pada gerakan tersebut, disunahkan untuk  zikir kepada Allah yaitu dengan membaca doa i’tidal sebab di dalamnya mengandung banyak pujian dan syukur terhadap Allah Swt.

Wallahu’alam.

Semoga bermanfaat, jangan lupa kongsikan kepada sahabat-sahabat kita yang lain…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *