Inilah Rahasia Serta Doa Agar Hati Tenang Tentram dan Ikhlas Amalkan

Inilah Rahasia Serta Doa Agar Hati Tenang Tentram dan Ikhlas Amalkan

Setiap orang pasti pernah merasakan kegelisahan. Tak ada yang bisa memprediksi kapan kita akan merasakan kegelisahan. Untuk itu kita harus senantiasa berdoa dan memohon kepada Allah swt. agar selalu diberikan ketenangan hati.

Gelisah adalah perasaan tak tenang yang munculnya secara tiba-tiba. Bisa karena hutang, harapan yang tak sesuai keinginan, pikiran yang menumpuk, atau karena pekerjaan yang sudah mencapai deadline namun belum selesai.

Terkadang kita menganggap suatu hal sangat berat untuk dihadapi. Padahal sesungguhnya jika kita sabar dan ikhlas, suatu hal itu dapat menjadi mudah dan ringan untuk diselesaikan.

Saya yakin semua orang pasti ingin menjalani hidupnya dengan tenang dan tentram, tak peduli masalah apa yang akan mereka hadapi.

Masing-masing individu mempunyai kehidupan yang berbeda. Ada yang hidupnya kaya tapi banyak hutang, ada juga yang walaupun hidup sederhana namun hatinya tentram karena selalu bersyukur.

Jadi bagaimana rahasia dan doa supaya ketenangan dan ketentraman hati terjaga? Berikut adalah penjelasannya.

Amalan agar hati tenang

Sebelum mengetahui doa untuk ketenangan hati, saya akan menjelaskan beberapa amalan yang dapat dilakukan supaya hati selalu tenang, tentram, dan ikhlas.

Senantiasa bersabar
Amalan ini memang tidak semudah yang kita bayangkan. Kalau hanya membaca atau mengucapkannya saja memang gampang. Namun, yang terpenting dari semua hal adalah bagaimana kita melakukannya.

Allah serta Rasul-Nya mengajarkan kita untuk selalu bersabar apa pun yang kita hadapi. Seperti firman Allah swt. dalam surat Al-Baqarah ayat 153.

Dari ayat tersebut dijelaskan bahwa Allah swt. akan menolong hamba-hambanya yang sedang dalam keadaan susah jika dia telah bersabar dan selalu mengerjakan sholat (terutama sholat wajib).

Jadi, walaupun bersabar adalah hal yang berat dalam beberapa kasus, namun kita harus tetap mengupayakan serta membiasakannya. Insyaallah Allah akan selalu bersama orang-orang yang sabar.

Membaca al quran
Seperti yang kita ketahui, quran adalah kitab Allah swt. yang diturunkan kepada Rasulullah saw. untuk kita para umat muslim. Kita sebagai umat yang beriman dianjurkan untuk selalu membacanya.

Bacaan al quran adalah bacaan yang indah, tentu dengan kita membacanya hati kita akan menjadi tenang. Selain itu, membaca al quran juga membuat kita senantiasa mengingat Allah swt.

Seperti halnya mendengarkan musik ketika sedang sedih, mendengarkan lantunan al quran juga dapat menjadi option karena fungsinya yang serupa.

Perbanyak berdzikir dan beristighfar
Selain membaca al quran, gunakanlah waktu kita untuk senantiasa berdzikir dan beristighfar. istighfar dapat menghindarkan kita dari prasangka-prasangka buruk yang datang secara tiba-tiba.

Dengan membiasakan diri untuk selalu berdzikir dan berightifar, insyaallah kecemasan, kegelisahan, kegundahan, kesedihan, dan seluruh energi neg4tif dalam diri kita dapat terobati.

Dzikir yang dapat diamalkan untuk ketenangan hati yaitu “Hasbunallah wani’malwakiil.” dan “Laa haula walaa quwwata illaabillaah.”.

Kerjakan sholat malam
Sepertiga malam merupakan waktu yang sangat mustajab untuk berdoa. Kerjakanlah sholat tahajud disepertiga malam, kemudian panjatkanlah doa kepada Allah swt.

Dengan mengerjakan amalan ini insyaallah kita akan diberikan ketenangan dan ketentraman hati.

Ada 3 waktu terbaik untuk mengerjakan shalat tahajud :

*Sepertiga malam pertama = Ini terjadi pada rentang waktu sehabis salat isya’ hingga pukul 10 malam. Walaupun waktunya setelah shalat isya namun tetap harus tidur terlebih dahulu.

*Sepertiga malam kedua = Ini adalah waktu yang utama untuk menerjakan sholat tahajud. Terjadi pada pukul 10 hingga 1 pagi. Waktu ini memang sulit untuk diterapkan karena memang sulit untuk bangun diwaktu tersebut. Namun waktu ini dipercaya memiliki fadhilah yang besar dan banyak keistimewaan di dalamnya.

*Sepertiga malam terakhir = Ini adalah waktu paling utama dalam mengerjakan shalat tahajud. Waktunya terjadi pukul 1 hingga sebelum memasuki waktu subuh.

 

Selalu mengingat Allah
Dengan selalu mengikutsertakan Allah dalam urusan kita, insyaallah Allah swt. akan melancarkan dan mencukupkannya.

وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ
“Dan barangsiapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya.” (QS. Ath-Thalaq : 3)

Apapun yang kita rasakan, baik itu sedih, gelisah, kecewa, hati tak tenang, Allah swt. selalu tau apa yang terbaik untuk kita. Tugas kita hanya berdoa, berusaha, kemudian bertawakal.

Berbagilah kepada sesama
Setiap harta yang kita miliki, di sana juga terdapat harta milik orang lain. Untuk itu dianjurkan bagi kita agar selalu berbagi kepada sesama.

Dengan berbagi berarti kita telah meringankan beban dan menyenangkan hati orang lain. Saat hati orang senang, ia akan mendoakan kebaikan kepada kita. Itu juga yang akan meringankan beban dan masalah kita.

Selain itu juga, kita tak usah takut rugi karena Allah swt. akan melipat gandakan apa yang telah kita beri.

مَثَلُ الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنْبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُنْبُلَةٍ مِائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللَّهُ يُضَاعِفُ لِمَنْ يَشَاءُ ۗ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

“Perumpamaan orang-orang yang mendermakan (shodaqoh) harta bendanya di jalan Allah, seperti (orang yang menanam) sebutir biji yang menumbuhkan tujuh untai dan tiap-tiap untai terdapat seratus biji dan Allah melipat gandakan (balasan) kepada orang yang dikehendaki, dan Allah Maha Luas (anugrahNya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al-Baqoroh: 261)

Doa agar hati tenang

Jika kita sudah senantiasa melakukan amalan-amalan di atas namun hati tetap merasa gelisah, cobalah untuk menbaca doa berikut untuk menenangkan hati.

أَللّٰهُمَّ إِنِّى أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالحَزَنِ وَالْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْبُخْلِ وَالْجُبْنِ وَضَلَعِ الدَّيْنِ وَغَلَبَةِ الْرِّجَالِ

Allahumma Inni a’udzubika minal hammi wal hazani, wal ajzi, wal kasali, wal bukhli, wal jubni, wa dhola’id daini, wa gholabatir rijaal.

Artinya : “Ya Tuhanku, aku berlindung kepadaMu dari rasa sedih serta duka cita ataupun kecemasan, dari rasa lemah serta kelemahan, dari kebakhilan serta sifat pengecut, dan beban hutang serta tekanan orang-orang (jah4t).”

Ada juga doa untuk memohon ketenangan hati.

أَللّٰهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ نَفْسًا بِكَ مُطْمَئِنَّةً، تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ، وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ، وَتَقْنَعُ بِعَطَائِكَ

Allahumma inni as aluka nafsaam bika muthma innah tu’minu biliqooika, watardho biqodoika, wataqna’u bi’athoika.

Artinya : “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu jiwa yang merasa tenang kepadaMu, yang yakin akan bertemu denganMu, yang ridha dengan ketetapanMu, dan yang merasa cukup dengan pemberianMu.”

Itulah tadi beberapa rahasia yang sudah bukan menjadi rahasia lagi. Semoga dengan mengamalkan apa yang sudah saya sampaikan tadi serta membaca doa, hati kita akan selalu tenang, tentram, dan ikhlas dalam mengerjakan segala hal.

Memohonlah kepada Allah swt. untuk melepas rasa sedih, gundah, cemas, dan seluruh perasaan negatif dalam menghadapi hidup. Insyaallah Allah swt. akan selalu memberi jalan keluar dalam setiap masalah yang kamu hadapi.

Semoga apa yang suda kita baca kita dapat amal serta dapat sampaikan kepada orang lain,InshaALLAH

Sumber : infoislam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *