Rukun Islam dan Rukun Iman Secara Berurutan Dan Penjelasanya

Posted on

Bismillah, Setiap orang islam harus memahami dan mengerti akan Rukun Islam dan Rukun Iman didalam Ajaran Islam.

Oleh itu, Mymediamaya akan menjelaskan kepada Para Pembaca Online tentang Rukun Islam dan Rukun Iman.

Rukun islam mengandungi 5 rukun yang wajib ditunaikan dan dilaksanakan oleh setiap umat islam di Seluruh Dunia .

Rukun Iman adalah tiang-tiang keimanan didalam Islam yang harus dimiliki setiap muslim.

Jumlah Rukun Iman ada enam, dan keenam rukun iman ini didasarkan dari ayat – ayat Al Qur’an dan juga hadits – hadits yang terdapat didalam kitab Shahih Bukhari dan Shahih Muslim yang telah diriwayatkan oleh Umar bin Khattab.

Rukun Islam

Pengertian Rukun Islam dan Penjelasannya

1. Mengucap dua kalimah Syahadat

Syahadat  memiliki arti berucap secara lisan kemudian membenarkan dalam hati lalu mengamalkannya dengan perilaku atau perbuatan.

Sehingga jika seseorang berucap dengan secara lisan tapi tidak mengerti arti sebenarnya serta tidak menjalankannya dengan benar-benar maka tentu saja hal tersebut tidak akan bermanfaat dengan Syahadatnya tersebut.

Bunyi kalimat syahadat itu adalah “Asyhadu An Laa Ilaaha Illallaah, Wa Asyhadu Anna Muhammadar Rasuulullaah” yang artinya “Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan melainkan Allah. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah ”.

2. Mendirikan Shalat.

Shalat merupakan ibadah yang wajib di lakukan oleh seorang muslim dan tidak boleh di tinggalkan meski dalam keadaan sakit atau halangan lainnya karena memang Shalat bisa di katakan merupakan kedudukannya yang paling agung serta menjadi sebagai prioritas agama maka disebutkan bahwa Shalat adalah tiangnya agama.

Secara umum Shalat adalah sebagai sarana antara seorang hamba dan tuhannya, Shalat juga bisa menjadi sebuah gambaran seseorang hamba taat kapada tuhannya.

3. Menunaikan zakat

Kemudian rukun yang ketiga dan wajib di lakukan oleh umat islam adalah menunaikan Zakat.

Secara umum Zakat adalah kewajiban dalam menyisihkan sebagian jenis harta lalu kemudian di salurkan kepada yang membutuhkannya di dalam waktu tertentu.

4. Berpuasa pada bulan suci Ramadhan.

Secara garis besar Puasa sendiri adalah ibadah kepada Allah serta menjalankan segala perintahnya.

Beberapa hal yang menjadikan Puasa dapat di jalankan yakni meninggalkan syahwat (Nafsu), Maka dan minum karena Allah Ta’ala.

Hal ini memiliki manfaat agar seorang muslim dapat meningkatkan taqwa dan imannya.

5. Menunaikan Haji bila Mampu.

Pengertian haji secara singkat dan umum adalah sebuah bentuk ibadah kepada Allah baik dengan Ruh, Jasmaniah serta Harta.

Rukun Iman

Pengertian Rukun Iman Serta Penjelasannya

1. Iman kepada Allah

Dikatakan sebagai seseorang yang beriman kepada Allah maka harus mengimaninya dalam 4 Hal di antaranya adalah rububiah Allah, tiada tuhan selain Allah sebagai pencipta segala alam semesta, penguasa serta mengatur semua jagad raya.

Kemudian uluhiah Allah, tidak ada sesembahan selain Allah serta ingkar terhadap semua sesembahan selain Allah.

Mengimani semua nama serta Sifat Allah “al-Asma’ul Husna” yang sudah di tetapkan bagi diri-Nya dan juga kepada Nabi-Nya serta sudah di tetapkan oleh Allah, baik dalam menjauhkan sikap dengan menghilagkan artinya, Ingkar terhadap makna, Mempertanyakan serta menyerupai-Nya

2. Beriman kepada Malaikat-malaikat Allah

Mengimani pada setiap Amalan serta tugas yang telah di berikan oleh Allah kepada Malaikat.

3. Beriman kepada Kitab-kitab Allah

Mengimani kapada semua Kitab Allah merupakan Ucapan-Nya dan Bukan dari ciptaan-Nya.

Pasalnya Kalam atau Ucapan adalah sebuah sifat Allah tentunya Sifat Allah bukanlah sebagai Makhkluk.

Sebagai umat Islam harus dan wajib mengimani bahwa Al-Qur’an adalah penyempurnaan dari kesemua kitab suci yang sebelumnya yakni seperti Taurat, Zabur dan Injil.

4. Beriman kepada Rasul-rasul Allah

Mengimankan bahwasanya di antara laki-laki di berbagai kalangan manusia yang telah di Pilih oleh Allah sebagai perantara Diri-Nya terhadap makhluknya.

Namun tetapi kesemua manusia pilihan tersebut adlaah manusia biasa yang memang tidak adanya Sifat-Sifat ataupun hak sebagai tuhan, sehingga menyembah para nabi merupakan kebatilan yang sangat nyata.

Seoarang muslim pun wajib mengimani bahwasanya wahyu yang di turunkan kepada Nabi serta rasul adalah memang dari Allah Ta’ala. Lalu anda pun wajib mengimani serta mengakui bahwa nabi serta rasul yang di ketahui dan tidak di ketahui namanya.

5. Beriman kepada Hari Akhir

Iman kepada Hari AKhir atau hari kiamat adalah sebagai seorang muslim harus percaya bahwa Hari kiamat memang benar ada dan akan datang pada waktunya nanti dan yang mengetahui hari kiamat hanya Allah Ta’ala.

Kemudian dalam mengimani bahwasanya ada hari kiamat tentunya anda juga harus mengimani berbagai hal yang pasti terjadi yakni semua akan terjadi di alam barzakh diantara dunia dan Akhirat dengan berupa fitnah kubur.

Mengimani juga semua Makhluk akan di bangkitkan pada padang mahsyar dan kemudian akan berakhir dalam Surga atau Neraka.

6. Beriman kepada Qada dan Qadar, yaitu takdir yang baik dan buruk

Sebagai seoarang muslim anda juga waji mengimani Qada sebagai takdir yang baik dan Qadar sebagai takdir yang buruk dan semua hal tersebut berasal dari Allah Ta’ala.

karena pada dasarnya semua makhluk hidup adalah ciptaan Allah.

Akhir sekali, Dengan mengetahui 5 Rukun Islam Dan 6 Rukun Iman semoga kita selalu dapat mengamalkannya setiap saat. Mungkin penjelasan di atas di ulas secara singkat dan untuk lebih luas dan jelasnya akan di ulas dalam pada setiap artikel. Wallahualam, Semoga Bermanfaat

Rujukan

Ruanguru.co

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *