Sholat Tahajud (Panduan Dan Niat Sholat Tahajud rumi)

Posted on

Bismillah, Sebagai umat muslim yang taat, selain melaksanakan sholat wajib 5 waktu dianjurkan untuk melakukan sholat sunnah. Setiap ibadah dinilai melalui niat, begitu juga dengan Niat Sholat Tahajud, mesti dilaksanakan semata-mata ikhlas kerana Allah SWT

Semua sholat sunnah memiliki keutamaan dan manfaat yang berbeda-beda. Namun semua sholat sunnah yang dilakukan adalah untuk memohon kepada Allah agar diberikan perlindungan, limpahan rejeki dan dikabulkannya doanya.

Dari beberapa sholat sunnah yang ada, pada pembahasan ini akan mengulas tentang niat sholat sunnah tahajud, tata cara sholat tahajjud, keutamaan sholat tahajud dan manfaat sholat tahjud untuk orang islam.

Merupakan Sholat Malam yang Dianjurkan Allah

Sholat sunnah tahajud dalam bahasa arab disebut Sholatun Lail yang bermaksud  sholat malam. Untuk itu sholat tahajud merupakan sholat sunah yang dilakukan pada waktu malam hari.

Malam hari pada waktu sholat tahjud ini maksudnya adalah sepertiga malam sampai waktu menjelang subuh. Sepertiga malam adalah sekitar pukul 01.00 sampai 04.00 sebelum subuh.

Sholat tahajud

Sholat tahajud dilaksanakan pada waktu sepertiga malam dan waktu pelaksanaannya setelah bangun dari tidur di malam hari. Namun sebagian ulama berpendapat bahwa sholat tahajud boleh dilakukan tidak harus tidur dulu. Andaikan pada waktu malam hari, Anda belum tidur dan ingin melaksanakan sholat tahajud juga tidak apa-apa.

Sebelum mengulas tentang cara sholat tahajud dan niat sholat tahajud, sebaiknya Anda memahami dulu mengenai sholat sunah tahajud lebih dalam. Sholat sunah tahajud adalah salah satu sholat Sunah yang memiliki keutamaan dan keistimewaan yang sangat besar.

Sholat tahajud sangat dianjurkan untuk dikerjakan setiap malam secara rutin. Dengan melakukan tata cara dan niat sholat tahajud yang benar, maka sholatnya akan semakin sempurna.

Dan Allah akan memberikan pahala yang banyak bagi yang menunaikan Sholat Tahajud. Karena menurut para ulama ketika sholat malam hari dengan suasana sunyi akan semakin khusuk dan semakin dekat dengan Allah Swt di dalam sholatnya.

Sesuai dengan dalil di dalam Al Quran tentang anjuran sholat tahajud adalah QS. As-sajdah:16-17.

Bacaan surah As Sajdah ayat 16-17 arab

َ (١٦) تَجَافٰی جُنُوۡبُہُمۡ عَنِ الۡمَضَاجِعِ یَدۡعُوۡنَ رَبَّہُمۡ خَوۡفًا وَّ طَمَعًا ۫ وَّ مِمَّا رَزَقۡنٰہُمۡ یُنۡفِقُوۡنَ

َ (١٧) فَلَا تَعۡلَمُ نَفۡسٌ مَّاۤ اُخۡفِیَ لَہُمۡ مِّنۡ قُرَّۃِ اَعۡیُنٍ ۚ جَزَآءًۢ بِمَا کَانُوۡا یَعۡمَلُوۡنَ

Bacaan surah As Sajdah ayat 16-17 latin

“Tatajaafa junuubuhum ‘anil madhaaji’i yad’uuna rabbahum khaufan wathama’an wamimmaa razaqnaahum yunfiquun.” (ayat 16).

“Falaa ta’lamu nafsun maa ukhfiya lahum min qurrati a’yunin jazaa-an bimaa kaanuu ya’maluun.” (ayat 17).

Terjemahan arti As Sajdah ayat 16-17

“Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya dan mereka selalu berdoa kepada Rabbnya dengan penuh rasa takut dan harap, serta mereka menafkahkan apa apa rezeki yang Kami berikan.” (ayat 16).

“Tak seorangpun mengetahui berbagai nikmat yang menanti, yang indah dipandang sebagai balasan bagi mereka, atas apa yang mereka kerjakan.” (ayat 17).

Penjelasan di dalam surah Al Sadjah ayat 16 -17 diatas menjelaskan tentang anjuran bagi orang-orang yang beriman, agar mereka mengurangi tidur.

Diusahakan untuk dapat bangun tirdur di pertengahan malam untuk melakukan shalat malam, berdoa kepada Allah agar diselamatkan dari api neraka dan bershodaqoh atas sebagian hartanya karena Allah.

Setiap umat manusia tidak akan tahu tentang besarnya kebahagiaan dan kesenangan yang akan Allah berikan kepadanya di akherat kelak. Kehidupan di akherat digambarkan dengan penuh kenyamanan, enak, dan indah tinggal di surga. Semua itu atas balasan Allah kepada hamba-Nya yang berbuat baik selamai di dunia.

Allah sudah menjanjikan indahnya surga bagi yang rajin melaksanakan sholat tahajud di sepertiga malam. Keutamaan sholat tahajud sangat luar biasa bagi umat muslim.

Pada kesmpatan ini akan dijelasan lebih detail tentang Sholat Sunnah Tahajud. Akan dijelaskan tentang niat sholat tahajud, cara sholat tahajud yang benar dan doa setelah sholat tahajud.

Niat Sholat Tahajud

Dalam islam dianjurkan sebelum melakukan perbuatan baik atau segala aktivit untuk membaca niat.

Bacaan niat sholat sunah tahajud juga harus dilakukan. Niat sholat tahajud wajib dilakukan untuk membedakan sholat sunah malam lainnya, karena sholat malam yang dilakukan dengan 2 rakaat jenisnya banyak.

Niat itu perbuatan hati, Oleh itu, cukupla sekadar berniat dalam hati, tidak perlu lafazkan dimulut

Jika niatnya saja sudah tidak benar, maka sholat tahajudnya otomatis tidak sempurna. Untuk itu hafalkan niat sholat tahajud berikut.

Niat sholat tahajud arab

اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

Niat sholat tahajud latin

“Ushallii sunnatan tahajjudi rak’ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta’alla.”

Terjemahan arti niat sholat tahajud

“Aku niat shalat sunat tahajud 2 rakaat, menghadap kiblat, karena Allah Ta’ala”

Niat sholat tahajud dan terjemahan lengkap diatas agar dihafalkan dan diucapkan setiap akan melakukan sholat malam di sepertiga malam.

Membaca niat sholat sebelum melakukan sholat wajib atau sholat sunnah diperbolehkan.

Hanya anjurannya niat sholat dibaca dengan pelan, lirih dan tidak keras atau berlebihan.

Setelah hafal niat sholat tahajud, kemudian pahami dan ketahui tata cara dalam melakukan sholat tahajud dengan benar.

Dengan paham urutan cara sholat tahajud yang benar maka ibadah sholat malam Anda akan sempurna.

Cara Sholat Tahajud Lengkap Berseta Rakaat

Sholat tahajud merupakan sholat malam yang paling dianjurkan oleh Allah Swt untuk bisa dikerjakan secara rutin oleh umat muslim.

Banyak keutamaan sholat tahajud ini yang sangat bermanfaat buat yang mengerjakannya.

Syarat paling utama dalam melakukan sholat tahajud ialah dikerjakan di malam hari setelah sholat isya sampai sebelum waktu sholat subuh.

Dalam melaksanakan sholat tahajud yang paling utama adalah di sepertiga malam terakhir.

Sholat tahajud dikerjakan setelah bangun tidur, walaupun tidurnya hanya sebentar saja.

Tapi ada pendapat para ulama kalau sholat tahajud dapat dikerjakan sebelum tidur yang dikerjakan dengan masing-masing 2 rakaat.

Untuk melaksanakan sholat tahajud tata caranya sama dengan sholat fardhu, yang berbeda hanya pada niat sholat tahajud.

cara sholat tahajud dan bacaanya semua sama dengan sholat wajib 5 waktu atau sholat sunah 2 rakkat lainnya.

Di awali dengan niat sholat tahajud dilanjutkan dengan takbiratul ikhram. Untuk lebih jelasnya berikut cara sholat tahajud dan bacaanya lengkap.

Berikut cara sholat tahajud 2 rakaat lengkap

1. cara sholat tahajud pada Rakaat Pertama.

  • Mengucapkan Niat Sholat Tahajud
  • Mengucapkan Takbir (Allahu Akbar)
  • Doa Iftitah
  • Membaca Surat Al Fatihah
  • Membaca Surat Pendek atau Panjang Al Qur’an
  • Ruku dan menbaca doa rukuk
  • I’tidal dan membaca doa i’tidal
  • Sujud pertama serta membaca doa sujud
  • Duduk diantara 2 Sujud dan membaca doa diantara 2 sujud
  • Sujud Kedua serta membaca doa sujud
  • Berdiri kembali untuk melanjutkan ke rakaat kedua sholat Tahajud

2. Cara Sholat Tahajud pada Rakaat Kedua

  • Membaca Surat Al Fatihah
  • Membaca Surat Pendek atau Panjang Al Qur’an
  • Ruku dan menbaca doa rukuk
  • I’tidal dan membaca doa i’tidal
  • Sujud pertama serta membaca doa sujud
  • Duduk diantara 2 Sujud dan membaca doa diantara 2 sujud
  • Sholat sujud Kedua serta membaca doa sujud
  • Sholat tahiyat akhir dan membaca doa tahiyat akhir
  • Salam dengan mengucapkan salam “Assallamuallaikum” tengok kearah kanan dan tengok ke arah kiri.
    Simak dan baca juga : Bacaan Sholat Wajib

Itulah cara sholat tahajud lengkap yang sama dengan sholat wajib 5 waktu. Setelah mengucapkan salam, dianjurkan untuk berdzikir dengan menyebut dan mengagungkan nama Allah Swt dan nabi Muhammad Saw.

Membaca dzikir setelah sholat tahajud sunnah yang dianjurkan dan sudah dijelaskan dalam Al Quran.

Jumlah Rakaat Sholat Tahajud

Walaupun sholat tahajud merupakakan sunnah, namun kalau mengerjakandan mengamalkannya dengan ikhlas, sungguh-sungguh dan rutin maka akan mendapatkan keutamaan langsung dari Allah Swt. Bagi Anda yang melakukannya akan mendapatkan kemuliaan derjatanya di sisi Allah Swt.

Ada berbagai ketentuan tentang jumlah rakaat sholat tahajud sesuai sunah Rasulullah SAW. Kumpulan dari beberapa hadits shahih yang ada disimpulkan bahwa jumlah rakaat sholat tahajud paling sedikit adalah 2 rakaat dan paling banyak 12 rakaat.

Berikut Hadist Jumlah Rakaat Sholat Tahajud Sesuai Sunnah Rasulullah SAW

Hadist shahih dari Ibnu Abbas

“Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam biasa mengerjakan Sholat malam sebanyak 13 Rakaat.” (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim).

Dari hadist diatas Rasulullah SAW mengerjakan sholat tahajud sebanyak 13 rakaat dengan 12 rakaat sholat tahajud dan ditutup 1 rakaat sholat witir.

Hadits dari Zaid bin Kholid Al Juhani

”Aku pernah memperhatikan sholat malam yg dilakukan oleh Rasulullah SAW yang mengerjakan 2 rakaat ringan. Setelah itu Rasulullah SAW melaksanakan sholat 2 Rakaat. Lalu Rasulullah SAW mengerjakan Sholat 2 Rakaat lagi. Lalu Beliau mengerjakan Sholat 2 Rakaat lagi yg lebih pendek. Rasulullah SAW mengerjakan Sholat 2 Rakaat yg lebih ringan dari sebelumnya. Lalu dilanjutkan mengerjakan sholat 2 Rakaat lagi yg lebih ringan dari sebelumnya. Terakhir Rasulullah SAW melakukan sholat witir 1 Rakaat. Jumlah seluruhnya Rasulullah mengerjakan sholat sunah alam sebanyak 13 Rakaat.” (Hadits Riwayat Muslim).

Hadits Shahih dari Ibnu Umar Ra

Ada seseorang yg bertanya pada Rasulullah SAW tentang Sholat Malam, kemudian rasulullah SAW bersabda:

”Sholat Malam atau sholat tahajud itu 2 Rakaat 2 Rakaat. Jika salah seorang dari kalian Khawatir akan masuk waktu Subuh, maka hendak-lah lakukan sholat sunah Witir 1 Rakaat sebagai Penutup yang menjadi sholat yangg sudah dilakukan sebelumnya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Dari beberapa hadist shahih diatas maka para ulama menyimpulkan kalau jumlah rakaat sholat tahajud adalah minimal 2 rakaat dan maksimal 12 rakaat.

Untuk pengerjaan yang 12 rakaat tetap dilakukan dengan setiap 2 rakaat diakhiri dengan salam. Di sunnahkan agar lebih sempurna sholat malamnya ditambahkan 1 rakaat sholat witir sebagai penutup.

Dengan mengerjakan rakaat sholat tahajud dengan jumlah 2 rakaat atau 12 rakaat, semua memiliki keutamaan yang luar biasa. Apalagi dikerjakan dengan rutin setiap malam, maka Anda akan mendapatkan perlindungan dan pertolongan dari Allah Swt.

DOA DI SAAT TAHAJUD BAGAIKAN ANAK PANAH YG MELESAT TEPAT MENGENAI SASARAN
(IMAM SYAFI’I)

Demikianlah jumlah rakaat sholat tahajud sesuai sunah Rasulullah SAW, waktu mengerjakan sholat tahajud yang benar. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kita semua

Rujukan

Wisatanabawi

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *